Enaknya Makan Nasi Brongkos
    Mau makan enak masakan rumahan khas jawa dengan harga terjangkau? Tak salah kalau Anda sekali waktu mampir ke Masakan Rumah Bu Endang di Jl. Wijaya 2, Jakarta Selatan.
    Sebab di Masakan Rumah Bu Endang menyajikan aneka masakan khas dari daerah jawa tengah dan jawa timur seperti lontong cap gomeh, nasi brongkos, pindang bandeng, nasi langgi, tahu gimbal, tahu campur, dan masih banyak lagi lainnya. Aneka jajanan khas daerah juga tersedaia seperti tong-tong brong, tape goreng, tahu susur, pisang bakar, dan cendol.
    Disamping harganya murah rasanya pun benar-benar enak dan lezat. Memikat lidah! Dan pastinya, tempatnya pun cukup bersih. Boleh dibilang harga kaki lima tapi kualitas seperti hotel berbintang. Untuk citarasa, mampir sama rasanya dengan yang ada di daerah. Jadi, tak usah jauh-jauh jika mau menikmati masakan rumah khas jawa timuran atau jawa tengahan. Cukup ke daerah Kebayoran Baru saja ke Masakan Rumah Bu Endang.
    Dari Nasi Brongkos ke Nasi Begana
    Jika di tanya ke Bu Endang, apa masakan yang menjadi favorit pengunjung. Bu Endang menjawab,”Semua masakan di sini merupakan favorit pengunjung,” kata Bu Endang sambil tersenyum. Tapi dari sekian menu yang ada, ada baiknya untuk mencoba nasi brongkos. Dari namanya mungkin akan membuat anda penasaran. “Nasi brongkos adalah masakan khas dari Jogjakarta. Masakan ini sedikit berkuah berwarna coklat seperti rawon. Warna coklat ini berasal dari biji kluwuk. Isinya terdiri dari irisan daging, melinjo (kulit), kacang merah dan potongan cabe,” kata Bu Endang. Rasanya sendiri, kata Bu Endang, sedikit sedap dan rada pedas. “Pedas tidaknya tergantung selera orang sih,” imbulnya lagi. Selain nasi brongkos, jangan lupa untuk mencoba nasi timlo, nasi begana dengan isi berupa sambal goreng ati, kentang, ampela, tongseng tempe, pindang telur, dan suwiran opor ayam.
    Wedang Ronde
    Pernah dengar gadon daging? “Gadon daging seperti pepes daging. Daging dicincang lalu diberi bumbu dab dibungkus dengan daun pisang” kata Bu Endang menjelaskan. Ehm…boleh juga dicoba tuh! Ingin makanan ringan, Anda juga bisa memesan aneka jajanan. Tentu saja jajanan khas dari jawa tengah dan jawa timur seperti tahu susur, yang tahu isi yang dalam terdiri dari aneka potongan sayuran macam toge, kol, wortel, dan udang. Ada juga bakwan goreng atau lebih dikenal dengan tong-tong brong. “Untuk tong-tong brong, bagian atas bakwan dikasih udang. Sedangkan dalamnya berisi kol, wortel, dan toge,”ulas Bu Endang. Sedangkan minumnya, untuk yang segar dan dingin bisa mencoba es cendol. Sedangkan yang sedikit panas dan hangat tersedia wedang ronde. Untuk Jakarta yang sering diguyur hujan, wedang ronde menjadi minuman yang sangat tepat.
    administrator, 10-Jan-2010
    Total View : 2923
    Login
    User Email
     
    Password
     New Member? MEMBER SIGN UP
    Sponsored By Seniki.com