Kedai Thailand Ada di Sini!
    Be the first one to Review
    Tom Yam Kung atau Nasi Goreng Nenas merupakan dua menu dari negeri Gajah putih, Thailand, yang paling terkenal di Indonesia. Lidah orang Jakarta rupanya sudah tak sing lagi dengan kedua menu tadi. Untuk memuaskan rasa penasaran seperti apa citarasa kedua menu tadi, Anda bisa mampir ke ‘kedai’ Mie Thai yang berada di Gedung Setia Budi I Building Lt 1 No. 206-207, Kuningan, Jakarta Selatan. Hampir semua masakan khas Thailand ada di sini!
    Kedai ala Thailand
    Mie Thai adalah bahasa Thailand memiliki arti semua ada di sini! Menilik dari namanya, si empunya resto sepertinya ingin menegaskan bahwa kedainya menyajikan semua hidangan Thailand. Semua hidangan dari negeri raja Bhumibol Adulyadei, tersaji lengkap mulai dari appetizer, main course, dessert, maupun salad. Supaya terkesan asri, apa adanya, dekor ruangan sengaja disetting seperti kedai atau rumah makan yang banyak bertebaran di emperan jalan di Thailand. Kedai yang berdiri sejak 8 tahun lalu ini di kawasan bisnis Setiabudi, tak tampak seperti resto pada umumnya dengan deretan sofa empuk. Yang tampak hanyalah deretan bangku-bangku dan kursi berwarna coklat yang terbuat dari kayu jati. Keliling kedai ini dihiasi dengan bamboo-bambu dari wallpaper. Di beberapa dinding terpajang beberapa lukisan yang bernuansakan negeri Thailand. Pun di pintu masuk, patung gajah berwarna abu-abu gelap dengan tinggi 50 cm dan foto raja dan ratu Thailand terpajang. Inis emakin menguatkan bahwa kedai ini adalah kedai khas Thailand. Namun dengan paduan konsep minimalis, kesan ‘seadainya’ setidaknya mampu memikat para pengunjung untuk dating ke sini. Nuansa Thailand sangat terasa sekali. Sejatinya, menurut si empunya, kedai Mie Thai yang memiliki kapasitas sekitar 100 tempat duduk ini, dirancang untuk mereka yang benar-benar ingin makan! Khususnya hidangan dari Thailand. So, sebelum ke Thailand untuk menjelajahi wilayahnya, kenali dulu makanannya. Mau makan apa saja, Mie Thai!

    Southern Thai Restaurant
    Seperti Indonesia yang setiap daerah memiliki ragam makanan dengan citarasa yang berbeda. Thailand pun sama, setiap daerah di Thailand memiliki taste yang berbeda. “Taste antara Selatan dan utara tidak sama,” kata Lady, Public Relation Mie Thai. Khusus untuk Mie Thai, menu yang diusung adalah menu-menu dari selatan. “Menu yang kita sajikan semuanya bersetifikat halal,” kata Lady. Ciri khas menu Thailand (selatan) terletak pada citarasanya. Jika Thailand bagian utara menu hidangan kebanyakan dominan manis.. Citarasanya menu Thailand bagian selatan agak pedas dan sedikit asem.

    Tom Yam Kung Lebih Pedas
    Hal yang paling menonjol ada penggunaan bumbu seperti sereh, bawang merah, kemanggi, lengkuas, atau cabe kering. Salah satu rempah yang sering dipakai adalah daun sereh. Menu-menu dari selatan berani menggunakan bumbu. Sehingga tidak mengherankan jika citarasanya pedas dan asemnya lebih kuat dan medok. “Sebagian bumbu kita datangkan dari Thailand agar tastenya sama seperti di Thailand,” imbuh Lady Rambut boleh sama hitam tapi taste tidaklah sama. Meskipun sama-sama dari Thailand, tapi karena berada di wilayah berbeda, citarasa pun berbeda-beda. Misalkan saja menu tradisional tom yam kung. Di utara, kuah dari tom yam kung lebih encer. Beda dengan tom yam dari selatan yang lebih kental. “Itu karena orang (Thailand) di selatan kalau masak berani pakai bumbu. Sereh adalah bumbu masak yang paling kental kita gunakan,” papar Lady

    Kerapu Goreng Saus Lemon
    Di samping tom yam kung, menu lainnya yang special di kedai Mie Thai adalah kerapu goreng saus lemon. Jenis kerapu yang digunakan adalah kerapu bintang dengan harga dibandrol Rp 12.727/ons. Ikan kerapu digoreng hingga garing dari diberi siraman saus lemon. Taburan cabe kering dan lada hitam semakin membuat menu ini terasa istimewa. “Kakap asem manis merupakan special menu di Mie Thai,”ujar Lady. Khusus orang bule atau oriental, kata Lady, kebanyakan ikan kerapu di tim dengan saus lemon dan irisan bawang putih. Rasa daging lebih terasa apalagi aroma menyengat yang ditimbulkan dari dari campuran bawang putih dan lemon. Di atas ikan kerapu ditabur cabe merah. “Untuk kerapu yang digoreng, kita memiliki saus yang beraneka ragam,”paparnya.

    Si 'Hot' Nasi Goreng Nenas
    Nasi goreng nenas adalah menu yang paling hot. Di setiap resto Thai, menu ini selalu tersedia dan wajib hukumnya. Nasi digoreng dengan diberi irisan daging ayam wortel dan nenas. Wadah untuk nasi goreng itu sendiri adalah dari buah nenas. Ehm… aroma yang keluar daging buah nenas yang ditutup dengan panasnya nasi goreng mampu memikat lidah. Untuk menutup dahaga, rasakan juga es Bangkok. Es berwarna hijau yang terbuat dari campuran dari sayuran (baby kalian) dan buah mampu menyegarkan tenggorokan yang kering. Apalagi diberi sedikit es batu….! Singkong manis atau bahasa Thailandnya Man Tam Nam Tauy, juga jangan dilewatkan untuk dinikmati. Singkong yang direbus dengan campuran air gula dan garam. Di atas singkong manis ditabur dengan biji wijen. Rasa gurih dan cukup mengenyangkan perut. Terakhirnya, mungkin sebagai penutup sebelum meninggalkan kedai Mie Thai, rasakan kedasyatan es merah delima. Es yang dibuat dari campuran santan, mutiara, kolang-kaling dan kelapa muda.

    RestoDB, 04-Feb-2008
    Total View : 2989
    Login
    User Email
     
    Password
     New Member? MEMBER SIGN UP
    Sponsored By Seniki.com